Posted by: Darmawan | September 17, 2009

Pentingya MBV (Management By Value)

Apa itu MBV? Mungkin banyak orang/organisasi yang sudah mengenal bahkan mengaplikasikan MBV dalam kehidupan sehari-hari namun saya yakin masih ada orang yg belum faham akan MBV termasuk saya juga tergolong baru mengenal makhluk yg satu ini. Hehehe.. Namun  sy ingin membagi kepada rekan2 apa yg saya ketahui ttg MBV.

MBV adalah akronim dari “Management by Value“.  Kalau kita lihat ada dua kata kunci disini. Yg pertama Management dan yg kedua adalah value. Management adalah kegiatan terkoordinasi untuk mengarahkan dan mengelola organisasi untuk mencapai suatu tujuan (KNAPPP02). Sedangkan nilai adalah sesuatu yang berharga (worth) dan disamakan dgn moral atau etika yg mendorong organisasi untuk bergerak maju.

Jadi MBV bisa didefinisikan sebagai seni mengelola organisasi untuk mencapai tujuan/sasaran yg jelas berdasarkan nilai-nilai yg diyakini oleh organisasi tsb. MBV sangat berperan baik di awal terbentuknya organisasi, pada saat bekembang hingga saat krisis. Kita bisa belajar dari  Iran, walapun negeri Persia itu telah diembargo secara ketat oleh Barat 30 tahun lalu namun Iran masih mampu meluncurkan satelit di orbit seputar bumi dengan ketinggian 600 km. Bahkan peluncuran satelit pertamanya memasukkannyake dalam daftar 10 negara produsen satelit di dunia disamping AS, Rusia, sejumlah negara Eropa, Cina, Jepang dan India.

Kesulitan demi kesulitan yang dihadapi Iran tidak membuatnya putus asa dan menyerah terhadap keadaan. Bahkan dalam kondisi tersebut, mereka berhasil menguasai teknologi luar angkasa dengan melucurkan satelit buatan sendiri.

Hal ini menunjukkan bahwa selain Iran memiliki MBO (Management By Objective) yaitu penguasaan teknologi luar angkasa, ternyata yg tidak kalah pentingnya Iran mempunyai dasar MBV yang kuat berupa nilai-nilai moral seperti pantang menyerah, tidak mudah putus aja, punya semangat juang, kemandirian hingga kehendak politik (political will). Hal ini yang  meng-encourage bangsa ini bisa survive bahkan bisa berhasil melewati masa-masa sulit.

Apa yg bisa kita pelajari disini? Bahwa setiap negara, bangsa, organisasi bahkan setiap orang harus punya tujuan atau sasaran yg jelas. Segala upaya yg dilakukan untuk mencapai tujuan sering disebut dgn MBO . Namun hal ini tidaklah cukup tanpa disertai MBV yaitu  nilai-nilai yg menjadi lem perekat suatu organisasi dan yg bisa mendorong organisasi untuk berkembang bahkan melewati masa-masa krisis.

Mungkin itu share saya ttg MBO dan MBV.. Sekarang waktunya pulang dulu ahhh, bsk dilanjutkan lg dgn topik2 yg lebih seru ya.. Semoga bermanfaat..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: